Pasang Lowering Kit Kawasaki Z250, Bebas Jinjit dan Stabil

MichaelLay News, Our Product, Our Work, Review Leave a Comment

Jakarta – Tak semua pengguna Kawasaki N250 maupun Z250 berpostur tinggi di atas 170 cm. Tapi ada pula pembesutnya yang memiliki tinggi badan di bawah 170 cm yang ujungnya bikin kedua kaki jinjit saat berhenti di perempatan atau lampu merah. Hal ini sediki banyak mengganggu konsentrasi dan keseimbangan rider serta bisa memicu kecelakaan.

?Lantaran kedua kaki tidak menapak sempurna pada aspal, konsentrasi agak terganggu. Keseimbangan badan menahan motor jadi kurang maksimal dan enggak jarang saya mau terjatuh. Namun setelah saya mampir ke Layz Motor (LM), hal tersebut bisa diatasi, yakni dengan pasang lowering kit berlabel Zero yang dibanderol Rp 1,1 juta dengan lama pengerjaan sekitar 30 menit,? tutur Sulu, pembesut Z250 yang berpostur tinggi 160 cm.

Steven Layz, empunya LM bilang hal ini banyak terjadi  pada pembesut Kawasaki N250 maupun Z250 yang memilik tinggi badan di bawah 165 cm. ?Fungsi lowering kit ini sendiri untuk menurunkan ground clearance (GC) antara 3-5 cm. Sehingga kaki rider yang awalnya jinjit, bisa menapak ke aspal dengan maksimal,? tukas pebengkel di Jl. Arteri Kelapa Dua No.90 E, Kebon Jeruk, Jakbar.

Selain berfungsi untuk menurunkan GC, Steven menambahkan bahwa peranti ini juga bikin besutan lebih stabil. Baik saat melaju di trek lurus maupun saat menikung. Berikut cara pasangnya.

1. Peranti seharga Rp 1,1 juta ini berisi; 2 adjuster link, 2 baut panjang, 2 ring per, 2 ring datar, 2 O-ring dan 2 mur. Harga segitu sudah termasuk ongkos pasang.

2. Langkah awal, kendurkan 2 mur baut (atas bawah) pengikat lowering standarnya memakai  kunci pas/ring 17 dan 19

3. Setelah keduanya kendur, pasang dongkrak pada posisi mesin bawah yang sebelumnya diberi alas pelindung dan dilanjutkan lepas kedua mur baut. ?Mengapa pakai dongkrak dan bukan paddock? Karena kalau pakai paddock, saat kedua mur baut lepas, buritan langsung amblas. Kalau pakai dongkrak ini, sekaligus sebagai penahan,? ucap Steven.

4. Langkah selanjutnya tinggal pasang lowering baru kebalikan saat melepas lowering orisinalnya. Setelah terpasang, tinggal seting tinggi rendah GC dengan cara memutar adjuster pakai kunci pas 19. Kalau setelan sudah sesuai kebutuhan, tinggal mengunci setelan dengan dua mur (atas bawah) yang dikencangkan menggunakan kunci pas 19.

5. Nah berikut ini penampakan lowering orisinal Z250 maupun N250 dan lowering kit baru yang sudah terpasang. (motor.otomotifnet.com)

EDITOR: Dimas Pradopo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *