Pasang Kopling Hidraulik di Yamaha R-1, Makin Empuk!

by | Mar 12, 2014 | News, Our Product, Our Work, Review

Jakarta – Bawaan lahir, Yamaha R1 belum dibekalai kopling model hidraulik. Beda dengan moge sekelasnya dari pabrikan lain yang sudah mengandalkan kopling model ini. Tak heran pula bila pembesutnya mengeluh kalau koplingnya terlalu keras dan bikin tangan pegal. Seperti yang dialami Handoko, pembesut R1 lansiran 2011.

“Saya beli second dari pemakai pertama. Salah satu alasan dia menjual, katanya sih, karena kopling terlalu berat. Awalnya saya kira karena kotor maupun kurang perawatan. Tapi setelah saya bandingkan dengan R1 milik teman yang masih baru, ternyata kekerasannya enggak jauh beda,” beber warga Bojong Indah, Cengkareng, Tangerang.

Setelah mampir di Layz Motor (LM), masalah tersebut bisa teratasi, yakni aplikasi kopling hidraulik keluaran Magura. “Sebelumnya saya tahu kalau ada kopling hidraulik untuk motor sport. Ternyata ada juga yang untuk R1 ini, makanya saya langsung pasang. Hasilnya ternyata memang paten, lebih empuk sekitar 40 persen dan tangan enggak gampang pegal lagi,” imbuh Handoko.

Nah, bagi Anda yang berencana aplikasi peranti tersebut, mampir saja ke LM di Jl. Arteri Kelapa Dua No.90 E, Kebon Jeruk, Jakbar. “Pemasangannya cepat kok, sekitar 25 menit,” ucap Jupri Leksana, mekanik LM.

1. Langkah awal, lepas semua peranti yang terhubung dengan kabel kopling, termasuk tuas kopling di setang sisi kanan. lanjutkan pasang handel kopling baru dan diikat pakai kunci T-8.

2. Langkah selanjutnya bikin dudukan (braket) pegangan hidraulik clutch atau tonjokan kopling hidraulik. Dilanjutkan diikat pada mounting mesin.

3. Sambung kembali 2 kabel switch kopling yang sebelumnya dilepas dari dudukan rumah tuas kopling orisinilnya.

4. Nah ini dia kopling hidraulik untuk R1 keluaran Magura yang sudah terpasang. (motor.otomotifnet.com) 

Layz Motor : 021-53663025/0817-4838353

EDITOR: Dimas Pradopo